Aluminium foil : Sisi manakah yang harus digunakan? Apakah aman untuk kita?

Karena saya pribadi baru kali ini menggeluti lebih dalam dunia per-dapuran, terkadang bingung dan tidak tahu untuk apa ini, untuk apa itu. Salah satunya adalah aluminium foil yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Ketika memanfaatkan benda ini, banyak pertanyaan di benak saya, apakah benda ini aman dalam membungkus makanan kita, lalu mengapa ada dua sisi warna alumunium foil yang berbeda (yang satu lebih glossy dan yang satu tidak), apakah makanan kita akan cepat matang dengan menggunakan sisi yang lebih berkilau? Karena rasa penasaran, saya mengeksplorasinya di internet dan ingin berbagi dengan semua.

1. Mengapa ada dua sisi yang berbeda (satu sisi lebih berkilau)? Yang manakah yang harus kita gunakan?

Aluminium foil adalah salah satu benda yang biasa digunakan untuk membungkus makanan, dan menjaga makanan tersebut agar tetap panas.



Ternyata, berdasarkan salah satu penelitian yang telah dilakukan, perbedaaan dari dua sisi itu sangatlah minim. Meskipun kita berasumsi bahwa bagian yang lebih berkilau akan merefleksikan panas yang lebih banyak, tetapi pada kenyataannya, hasil yang didapat menunjukkan perbedaan yang sangat kecil. Pada saat kita membakar, menyimpan, atau mendinginkan makanan baik dengan bagian yang lebih berkilau atau tidak, efeknya terhadap makanan akan sama.

Perbedaan antara bagian yang berkilau dan tidak ini ternyata berkaitan dengan proses pengepakkannya, karena pada tahap akhir, dua lapisan foil ini melewati alat penggulung pada saat yang bersamaan. Sisi yang berkontak langsung dengan penggulung baja tersebut akan menjadi berkilau, sedangkan sisi lain yang tidak berkontak, menghasilkan lapisan yang tidak berkilau.

(Faktanya, kebanyakan orang tetap berpikir, dengan menempatkan sisi yang lebih berkilau langsung pada makanan, akan mempengaruhi cepat matangnya makanan tersebut, karena bagian berkilau tersebut lebih banyak menghantarkan panas..It doesn’t matter then, as we knew that both side will generate the same heat).

2. Apakah lebih baik membungkus menggunakan aluminium foil atau plastik?

Berdasarkan salah satu sumber, hal ini bergantung pada makanan apa yang akan kita bungkus, dan bagaimana kita akan menghangatkannya kembali. Aluminium foil baik digunakan untuk makanan berbau tidak sedap, dan jika kita akan menghangatkan makanan tersebut dengan oven (karena jelas aluminium foil itu tahan panas).

Satu hal yang harus diperhatikan adalah: Jangan pernah menggunakan aluminium foil dalam Microwave..karena akan menimbulkan percikan api, dan juga hindari menyimpan makanan asam dengan aluminium foil, karena akan menimbulkan reaksi kimia yang menyebabkan lobang pada foil tersebut dan bintik hitam pada makanan. Meskipun kebanyakan tidak berbahaya, tetapi bila dicegah akan lebih baik.

3. Apakah ada efek samping bila kita menggunakan aluminium foil?

Kertas tebal aluminium ini terbuat dari aluminium alloy yang mengandung 92 sampai 99 persen aluminum. Aluminium foil tidak menghasilkan efek samping bila kita menggunakannya sesuai fungsinya. Bila kita menggunakannya untuk membungkus makanan yang mengandung asam (Sudah dibahas sebelumnya), maka rasa makanan akan menjadi tidak enak, dan hal ini juga berbahaya bagi kesehatan. Tetapi, berdasarkan penelitian yang dilakukan, jumlah aluminum yang merembes pada makanan pada saat digunakan hampir tidak ada. Meskipun beberapa mengkhawatirkan mengenai praduga intake Aluminum yang menyebabkan rusaknya syaraf dengan karakteristik Alzheimer, belum ada penelitian yang dapat membuktikannya (Lihat link berikut).

3. Manfaat lain dari Aluminium foil

Selain untuk keperluan dapur, aluminium foil juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal, selain dapat menghilangkan karat, memperbaiki koneksi baterai yang longgar, menajamkan gunting, kita juga dapat memanfaatkan sisa aluminium foil untuk berbagai hal. Untuk lebih lengkapnya, publikasi mengenai 10 manfaat aluminium foil dan memanfaatkan sisa aluminium foil bisa dijadikan tambahan pengetahuan baru untuk kita semua..

Semoga bermanfaat!

07/02/2011

-jovianiastari-

4 Responses so far »

  1. 1

    subandriyo said,

    klo d bakar aluminium foil tahan g?
    trus brp suhu maksimal yg dpt d terima utk aluminium foil/
    trims…

  2. 2

    Lutfi said,

    Lumayan jg infonya…
    Trims ya……….
    btw kalo mau beli ke toko apa ya?

  3. 3

    elsa said,

    jooo… ini blog kamu yaaa.. pkbr joo?
    lg searching knp aluminium foil g blh pake d microwave.. tnyt bs bikin percikan api ya.. thx info nyaaa jo

    • 4

      annisajo said,

      Haii.. maaf baru bales, ini Elsa SD, SMA atau Kul atau mana yaah? hihih maaf soalnya fotonya jg gak ada.. sama2 semoga infonya bermanfaat 🙂


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a comment