Tips cari sepeda di Belanda..

Heyhey, mau berbagi info bagi yang baru dateng ke Belanda, dan mau cari sepeda, karena pastinya butuh sepeda buat alat transportasi kemana-mana, dibanding ngabisin credit OV-chipkaart kita…hehe..Dulu, sewaktu pertama kuliah dan tinggal di Leeuwarden sendiri dan butuh sepeda untuk media transportasi, kebetulan salah satu orang yang tinggal di rumah, dan akan pindah ke Prancis, menawarkan untuk menjual sepedanya, seharga 35 Euro!! Gak banyak mikir, langsung aja kuambil, jadi gak sempet nyari-nyari di internet dan segala macem, tapi sekarang, dengan cerita baru, harus cari sepeda baru juga di Rotterdam, agak sulit cari sepeda bekas disini, dengan harga yang murah. Tapi akhirnya dapet juga, karena itu mau berbagi beberapa tips dan info buat yang pada mau cari sepeda. Berikut info dan beberapa tipsnya:

1. Pertama, bisa cari via Google, dengan kata kunci “secondhand bike in …..” (Leeuwarden, Rotterdam, atau tergantung kota tempat tinggal kita) atautweedehand fietsen in Rotterdam (misalnya), dengan pake bahasa belanda, biasanya lebih banyak info yang keluar..nanti saat keluar info-infonya, tinggal ditranslate pake Google translate.

2. Ada beberapa website yang bisa dimanfaatkan untuk cari sepeda bekas di Belanda, diantaranya:

Markplaats

Beberapa sepeda baru dan bekas (ini untuk daerah-daerah selatan, Utrecht, Tilburg, dan Rotterdam)

Matra BikeBike factory, Bikes Plaza, dan Budget Bikes Braban

Untuk yang tinggal di Leeuwarden, ada beberapa toko sepeda bekas dan murah diantaranya:

  • Jan Terpstra, Verlengde Schrans 150
  • Meindert, Archipelweg 44
  • Meindert, Leeuwerikstraat 147

3. Hati-hati dengan beli sepeda bekas, karena kasus pencurian sepeda banyak terjadi dimana-mana di Belanda, terutama di kota-kota besar, dan apabila kita beli sepeda yang bekas dicuri, itu adalah hal yang ilegal di negara ini. Kalau kita beli sepeda dari seseorang yang sering berdiri di sudut-sudut kota, asumsikan itu adalah sepeda yang dicuri, dan kalau polisi liat kita bertransaksi atau sepeda tersebut adalah sepeda yang mereka cari, kita bisa ditangkap karena telah membeli sepeda tersebut. Jadi, harus hati-hati aja kalau beli sepeda. Usahakan beli di tempat yang terpercaya dan dari toko-toko sepeda bekas. Pastiin juga beli kunci yang kuat dan bagus, udah beli sepeda mahal-mahal, percuma kalau gak beli kunci yang bagus, karena tingkat pencurian sepeda yang tinggi.

4. Kalau beli lewat internet, jangan lupa pastiin biaya kirimnya juga udah termasuk, coba aja minta harga deal nya udah termasuk biaya kirim

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kita beli sepeda, diantaranya:

Rem dan persneling.

Dua hal ini perlu dipertimbangkan juga, karena bukan hal yang aneh kalau disini kita nemuin sepeda tanpa persneling, karena dengan ada dan gak ada persneling, ada untung ruginya juga. Sisi positif dengan punya sepeda yang ada persnelingnya, jelas kita dapat mengatur resistensi sepeda kita agar posisinya nyaman dan kita akan bisa mempercepat sepeda kita dengan menggunakan gigi tinggi.

Sisi negatifnya adalah, persneling tersebut butuh perawatan. Di Belanda, dengan cuaca yang dingin, sering hujan, parkir di luar, semuanya bakal bikin persneling rusak dan butuh biaya lumayan mahal untuk perawatan dan perbaikannya. Tapi semua ini tergantung selera dan kebutuhan.

Selain itu, ada dua sistem rem dari sepeda-sepeda yang ada di sini, yang pertama tentu saja, rem yang terpasang pada sepeda kita dan dikoneksikan pada ban sepeda. Tipe rem lainnya adalah dengan menekan pedal sepeda ke belakang. Tipe kedua ini juga lebih mudah dalam perawatannya, karena tidak ada kabel-kabel yang terhubung pada stang sepeda. Tetapi sekali lagi, semua tergantung selera dan kebutuhan.

Merk sepeda.

Untuk yang satu ini, yakin banget kalau untuk mahasiswa kayak kita2, yang penting murah meriah, dan bisa dipake, hehe…tapi bagi yang menginginkan sepeda berkualitas bagus, ada beberapa merk sepeda terkenal, diantaranya Gazelle, Batavus, Sparta, dan de Fietsfabriek. Sepeda-sepeda ini harganya mahal, tetapi terkenal dengan kualitas nya yang bagus, bahkan kita bisa membeli asuransi khusus untuk sepeda-sepeda ini. Banyak sepeda baru dengan berbagai merek, dan harga murah, seperti sepeda berkualitas tinggi, tetapi ternyata tidak. Pilihan lainnya adalah beli sepeda-sepeda bekas dari merek-merk berkualitas tersebut. Sepeda tipe oma/opa tradisional adalah sepeda-sepeda yang bener-bener typical Dutch. Posisi duduk kita akan menjadi tegak lurus bila menggunakan sepeda ini.

Lampu sepeda.

Lampu adalah hal yang paling penting pada saat malam hari, kalau malam hari kita bersepeda gak pake lampu (depan dan belakang), kita akan ditilang atau terkena denda bila ketahuan polisi. Jadi daripada didenda, lebih baik investasi lampu, itu juga berguna banget buat keamanan kita agar selalu terlihat pengendara lain kalau malam hari. Lampu, kunci, dan tas sepeda, bisa kita beli di beberapa toko, untuk yang murah bisa cari di Action dan Blokker.

Yap…begitu kiranya informasi dan tips kalau kita baru mau cari sepeda di Belanda ini.

Semoga bermanfaat!

30/12/10

-jovianiastari-

5 Responses so far »

  1. 1

    nna said,

    nais inpoh..
    benerin speda di belanda mahal…..misal : benerin rem = 15 euro, cuman dibenerin, kaga digantiii….huuuuuhuuuuuu
    di indo bisa kurang dari 5000rupiah buat benerin rem =0

  2. 2

    Habib said,

    Wihiy, thanks infonya yah! 🙂

  3. 3

    siahaan said,

    kalau tempat untuk beli onderdil sepeda bekas ada gak?,krn saya pengen melengkapi sepeda gazelle peninggalan kakek saya.tks sebelumnya ya…

  4. 4

    rian ping. said,

    dear kak aniss, sekarang masih di nl kah? ping….! salam kenal rian jepara..

  5. 5

    Angger Purboyo said,

    Apakah bisa bantu beliin sepeda GAZELLE bekas dan dikirim ke Indonesia


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a comment